Frequency Asked Question


Perbandingan HPL, Wallpaper Sticker dan floor Sticker

tags: #furniture #furnituresalatiga#furnitureboyolali #salatiga #salatigahits#furnituresemarang #furnitureungaran#furniturejateng #furniturejepara#furniturejawatengah #allizafurniture#furnitureberkualitas #mebelsalatiga#mebelboyolali #mebelsemarang#mebelungaran #mebeljepara#mebeljateng #furnituremurah#mebelmurah #mebelberkualitas#mebeloke #interiorsalatiga#interiorberkualitas

 

Perbandingan HPL, Wallpaper Sticker dan Floor Sticker

Family is everything

Interior-diy.com – Halo DIYers! Masih pada bingung istilah HPL, Wallpaper dan Floor Sticker? Nah kali ini kita akan bahas ketiganya baik perbandingannya maupun karakteristiknya. Yuk disimak dulu berikut ini.

HPL (High Pressure Laminate)

HPL merupakan bahan material finishing digunakan sebagai lapisan paling atas (paling depan) untuk interior dan furniture. HPL terdiri dari tiga lapisan yaitu overlay paper (lapisan anti goresnya), pattern paper (design atau motif), dan kraft paper yang diresapi dengan resin, kemudian dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk lembaran laminasi. HPL sering digunakan sebagai bahan finishing daun pintu, lemari, meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain. Bentuk permukaan terdiri dari semigloss, doff, glossy, dan berserat kayu atau motif timbul.

HPL_2

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. Oleh karena itu HPL memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan goresan. Selain itu HPL memiliki banyak sekali jenis mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit sehingga memiliki banyak pilihan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray. Perawatannya juga cukup mudah cukup gunakan air bersih dan kain lap untuk membersihkannya.

Contoh Produk HPL

HPL ini juga memiliki kelemahan yaitu jika proses memotong HPL tidak sempurna maka hasil finishing HPL akan terlihat tidak rapi, terutama pada bagian pinggir / ujungnya karena bagian edging atau pinggirnya harus difinishing kembali. HPL bersifat getas dan mudah patah, sehingga agak susah dibengkokan untuk bidang melengkung.

article_dplhpl

Wallpaper Sticker
perekat wallpaper sticker palsu

Wallpaper jika kita lihat dari kata dasar wall yang berarti dinding dan paper yang berarti kertas, maka wallpaper bisa disebut kertas atau bahan material dari kertas atau campuran kertas yang digunakan untuk menghiasi sebuah dinding dengan pola berulang. Biasanya wallpaper ini digunakan untuk menghiasi dinding secara penuh atau full covering.

DHK-23202 Ap

Dilihat dari bahannya dan sifatnya, ada wallpaper yang perlu lem tambahan dan ada wallpaper sudah terpasang lem seperti sticker yang disebut wallpaper sticker. Contoh wallpaper sticker dapat dilihat disini.

HPC-21338aa

Kini juga ada wallpaper tanpa bahan dasar kertas, yang disebut wallcovering dengan bahan 100% Vinyl.

Kelebihan dari Wallpaper ialah motif dan tekstur beragam sehingga banyak pilihannya, pemasangan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu tidak memerlukan banyak peralatan dan teknik khusus untuk pemasangannya. Perawatannya pun mudah, hanya dilap dengan kain yang agak basah saja.

Namun Wallpaper juga memiliki kelemahan yaitu tidak cocok untuk outdoor karena dapat mengurangi daya tahannya baik perekat maupun warna motifnya. Lalu wallpaper juga kurang bisa menahan tetesan air secara terus – menerus terutama bila airnya masuk ke dalam perekatnya. Oleh karena itu pastikan juga sebelum pasang wallpaper ini tidak ada masalah kebocoran, bidang yang akan ditempel bersih, rata, tidak lembab dan kering agar daya tahannya lebh optimal.

Floor Sticker
RSF-03 & 04

Preview Floor Sticker Vinyl

Disebut Floor Sticker karena sudah terpasang lem seperti sticker. Jadi Floor Stickermerupakan stiker untuk menempel dan menutupi sebagian atau keseluruhan dari lantai. Kita tentu tahu bahwa lantai merupakan bagian yang paling sering kotor dan paling sering juga dibersihkan. Oleh karenanya bahan dari Floor Sticker ini memiliki ketahanan terhadap air sehingga bisa dipel dan tahan terhadap tumpahan air atau noda. Bahan dari Floor Sticker ini adalah Vinyl Self Adhesive 100%. Contoh Floor Sticker dapat dilihat di sini

 

12688122_667355376700425_1263123689800790691_n

Kelebihan dari Floor Sticker ini adalah ketahanannya terhadap tumpahan air dan goresan benda tumpul bila ingin memindahkan barang atau furniture. Untuk pemotongan juga dapat mengikuti pola yang Anda inginkan. Floor Sticker ini dapat digunakan untuk memperbaharui lantai yang terlihat kusam karena termakan oleh usia. Dengan perekat yang ada pada sticker ini membuat Anda dapat memasangnya sendiri tanpa lem tambahan. Floor Sticker juga memiliki fitur Anti-slip yang dapat mencegah kita terpleset. Untuk perawatan Floor Sticker sama dengan lantai yaitu bisa dipel dan dibersihkan dengan kain yang agak basah.

 

12688332_667355410033755_2959420153143949365_n

Floor Sticker juga memiliki kelemahan yaitu tidak tahan dengan cuaca ekstrim misalnya seperti panas terik, hujan dan banjir. Hal ini juga yang membuat Floor Sticker kurang cocok untuk outdoor. Selain itu Floor Sticker ini juga kurang tahan terhadap goresan benda tajam.


Kesimpulan

Ketiga material diatas memiliki fungsi yang hampir sama yaitu melapisi interior atau full covering. Namun hanya saja bidangnya yang berbeda. HPL untuk furniture kayu seperti meja, daun pintu, cabinet, panel dinding dll. Wallpaper diutamakan untuk dinding dan Floor Sticker untuk lantai.

Kekurangan dan Kelebihan HPL

(+)Dari ketahanan kami menilai HPL lebih unggul terutama untuk panas dan goresan karena HPL memiliki bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC.

(-)HPL tidak bisa dibengkokan dan butuh pemotongan khusus. Pemasangan HPL membutuhkan lem tambahan.

Kekurangan dan Kelebihan Wallpaper Sticker

(+)Untuk fleksibilitas kami memilih wallpaper terutama bila bidang dinding memiliki sakelar, proses pemotongannya akan lebih mudah dilakukan.Wallpaper sticker dapat dipasang sendiri karena sudah memiliki lem.

(-)Tidak cocok untuk kondisi ruangan lembab dan outdoor.

Kekurangan dan Kelebihan Floor Sticker

(+)Floor Sticker juga memiliki fleksibilitas dan ketahanan yang baik. Pemotongan juga dapat mengikuti pola yang Anda inginkan. Dapat dipasang sendiri karena sudah memiliki lem.

(-)Namun tidak untuk outdoor dan cuaca ekstrim.

Untuk lebih optimal tentu ketiga material ini harus dirawat secara berkala juga dipasang sesuai dengan ketentuannya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HPL DALAM FINISHING INTERIOR

TAGS : HPL, FURNITURE, INTERIOR, PELUANG USAHA, FURNITURE CUSTOMIZE, INTERIOR DESIGN, WOOD WORKING, CARPENTER, RUMAH MINIMALIS

Kelebihan dan Kekurangan HPL  

High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Ini bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior.
HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir - akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

Perubahan treatment ini biasanya masih memerlukan treatment melamic/ duco yang mana dari segi biaya dan waktu sangat jauh perbedaannya, HPL lebih praktis, cepat dan lebih murah oleh karena itu dampak yang ditimbulkan berkurangnya omset penjualan bahan finishing yang diikuti meningkatnya pengangguran oleh pekerja finishing yang selama ini menggantungkan pekerjaan di sektor ini.

Pertanyaannya secara pasti apasih kelebihan dan kekurangan HPL sebenarnya secara Obyektif?

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.
HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa.
HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.
HPL memiliki varian produk 'edging' yang mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggiran yang tipis.
  1. Prosesnya cukup praktis (tanpa finishing tukang semprot), mudah dan lebih cepat pengerjaannya.
  2. Cost dan biayanya lebih rendah
  3. Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus finishing, cukup tukang kayu saja.
  4. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
  5. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
  6. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray.
  7. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
  8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
  9. Ketahanan yang lebih baik terhadap panas, goresan, zat kimia.
  10. Relatif lebih murah.

Namun disamping kelebihan-kelebihan tersebut, ada pula kelemahan material HPL ini, antara lain:

  1. Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
  2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.
  3. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.
  4. Lapisan HPL sering lepas jika proses lem nya tidak sempurna
  5. Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco.
  6. Dibanding Decosit, HPL sedikit lebih mahal.
  7. Bagian edging harus difinishing lagi.
  8. Kurang natural dibandingkan cat melamik, dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang dipakai..


Berikut perbedaan finishing transparan dan non transparan

Finishing Transparan 


Kelebihan dan Kekurangan HPL


Finishing non Transparan 




Kelebihan dan Kekurangan HPL

HPL (High Pressure Laminated)

Hpl adalah finishing pelapis Furniture


High Preassure Laminate (HPL) adalah sebuah bahan material dalam pembuatan furniture interior yang terbuat dari resin, penolic, kraft paper dan decorative paper yang memiliki ukuran dengan panjang 2.440 mm, lebar 1.220 mm dan tebal 0,6 sampai 1mm yang digunakan sebagai pelapis akhir pada sebuah furniture. Lapisan pada sebuah HPL ini juga memiliki tekstur dan desain yang bermacam-macam. 

Sebelumnya ada beberapa cara dalam melakukan finishing. Secara keseluruhan, finishing ada dua macam jenis, yaitu cat dan lapisan. Jika dibandingkan dengan lapisan, finishing dengan menggunakan cat lebih rumit karena proses pengerjaannya pun memakan waktu yang banyak dan dari segi maintenancenya pun finishing cat memerlukan maintenance yang ekstra. Sedangkan finishing dengan menggunakan lapisan jika di lihat dari proses pengerjaannya pun lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu dan dari segi maintenancenya pun juga lebih mudah. Jenis-jenis finishing lapisan yang digunakan saat ini, yaitu HPL, PVC Sheet, Veneer.

Berbicara soal HPL, pada zaman sekarang disaat produksi kayu maupun Plywood yang kadang tak menentu serta tuntutan pasar yang tinggi yang menginginkan produk berkualitas dari segi penampilan dengan kualitas yang sangat baik yang lebih kuat menghadapi benturan, goresan atau panas maka HPL bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan ini. Kini HPL banyak diminati oleh setiap Produsen Furniture maupun para konsumen furniture karena trend desainnya yang minimalis dan beragam. Saati ini banyak merk HPL yang tersedia di Indonesia, antara lain HPL Grasmerino, HPL Violam dan lain sebagainya.

Dalam melakukan finishing, tentunya dibutuhkan bahan-bahan yang berkualitas baik. Saat ini banyak merk HPL yang di jual, namun tidak menjamin HPL tersebut memiliki standard kualitas yang sesuai. Ada HPL yang mudah retak atau patah karena tidak sesuai dengan standardnya. Ada juga HPL yang memiliki standard yang tinggi, yang baik dan memenuhi standard. Lalu bagaimana cara menemukan HPL yang memiliki standard yang baik itu? Kita akan bahas di artikel selanjutnya

Bahan yang menggunakan material seperti kayu dan plywood pada saat ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas kayu maupun plywood yang baik yang mempunyai  corak sama. Penggunaan material kayu dan plywood pun juga masih bergantung dengan kemampuan tukangnya sendiri dalam tahap finishing karena ebagus apapun corak kayu jika tidak di kerjakan oleh tukang yang berkualitas, maka hasil akhirnya pun bisa bisa berantakan.

Sedangkan furniture yang menggunakan HPL memiliki kelebihan tersendiri, yaitu motif dan warnanya yang dijamin sama apabila satu tipe dengan ratusan motif pilihan lainnya. Selain itu furniture yang menggunakan bahan material HPL juga mudah di bersihkan , rapi dan mlebih kuat bila menghadapi benturan, goresan atau panas serta harganya yang terjangkau. 

Proses pembuatan HPL sendiri juga dibuat dengan teknologi canggih yang terdiri dari kraft paper, decorative paper, resin (solid penolic) dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan standard kualitas tinggi.(grasmerino.com)
 
Tag : HPL, Furniiture HPL, Harga HPL 


Contact Us


STATISTIK USER

Pengunjung hari ini : 51
Total pengunjung : 53703

Hits hari ini : 143
Total Hits : 90476

Pengunjung Online: 2